Minggu, 05 Februari 2023

Future Value dari Investasi

 


Future Value dari Investasi

Future Value artinya adalah Nilai masa depan dari Investasi. Future Value memberikan prediksi berapa nilai uang kita dimasa akan datang.

Artinya, Jika pada artikel sebelumnya kita berbicara berapa pertumbuhan investasi rata-rata kita selama rentang 10 tahun kebelakang, maka Future value menjelaskan berapa nilai uang atau imbal hasil pada 10 tahun ke depan.

Dalam konsep Time Value Of Money, nilai uang saat ini akan berbeda dengan nilai uang di masa yang akan datang. Perubahan yang terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti inflasi ataupun kenaikan harga barang.

Future value merupakan perkiraan atau estimasi dari nilai uang saat ini untuk masa yang akan datang yang dihitung berdasarkan tingkat pertumbuhan tertentu seperti tingkat bunga. Dengan kata lain, Kerangka konsep berpikir seperti ini hanya dapat diterapkan pada perusahaan yang konsisten kinerjanya dimasa lalu sehingga memungkinkan kita untuk mendapatkan gambaran terkait kinerja dimasa depan dengan tingkat predictability yang relatif tinggi dan angka yang dihasilkan sangat impresif.

Sebaliknya tidak mungkin dapat di terapkan pada perusahaan dengan kinerja yang sangat inkonsisten. Hasilnya tentu sangat menyesatkan. Dan jika kita seorang individual investors, perusahaan yang inkonsisten seperti ini bisa dijadikan sebagai indikasi awal untuk mengabaikannya. Untuk apa berinvestasi diperusahaan yang kinerja keuangan nya payah dan susah diandalkan?


Rumus Menghitung Future Value (FV)

Nilai masa depan dari aset yang diinvestasikan tentunya akan sangat tergantung pada pilihan instrumen investasi yang dilakukan. Hampir semua produk investasi memiliki potensi keuntungan atau return yang sebanding dengan tingkat risikonya. Misalnya, instrumen investasi dengan tingkat risiko yang tinggi umumnya menjanjikan potensi keuntungan yang lebih menjanjikan. Sebaliknya, jika fluktuasi nilai instrumen investasi cenderung stabil dan kondusif, potensi imbal hasilnya juga cenderung kecil.

Future value dapat diselesaikan atau di hitung dengan 2 pendekatan yaitu Simple interest (Bunga Sederhana) dan Compound interest (Bunga Majemuk). Pada umumnya yang sering digunakan adalah Compound interest.

Berikut rumus dalam menghitung Future Value (FV) menggunakan Compound Interest :

Future value, FV = PV x (1+r)^n

Dimana:

PV = Present Value (Nilai uang yang diinvestasikan saat ini)

r    = rate of return

n   = jangka waktu

 

CONTOH:

1. Seseorang mempunyai dana nganggur dengan nominal 50 juta. Ketimbang disimpan pada tabungan, orang tersebut berniat untuk menanamnya ke suatu instrumen investasi berupa saham yang asumsi tingkat return atau imbal hasilnya adalah 15 persen per tahunnya. Dengan rencana investasi tersebut akan dilakukan selama sekitar 5 tahun.

Future value, FV = PV x (1 + r)^n

PV = 50.000.000

r     = 15% atau 0.15

n    = 5

FV = 50.000.000 x (1 + 0.15)^5

FV = 50.000.000 x (2.01)

FV = 100,5 Juta

 

2. Dengan mengetahui nilai Earning per Share (EPS) BRI di Tahun  2016 sebesar Rp.212 dan kita mendapatkan CAGR BRI dalam sepuluh tahun terakhir adalah 19.4%, maka kita dapat memproyeksikan EPS BRI dalam sepuluh tahun kedepan di Tahun 2026.

     Future value, FV = PV x (1+r)^n

     FV = 212 x (1 + 19.4%)^10

     FV = 212 x (1,194)^10

     FV = 1.248

    Angka sebesar 1.248 merupakan perkiraan EPS yang bisa dihasilkan BRI di Tahun 2026.

 

Future Value Dengan Fungsi Excel

Fungsi FV adalah fungsi excel untuk menghitung nilai masa depan dari suatu investasi berdasarkan tingkat bunga konstan.

Rumus Fungsi FV Excel dikategorikan dalam Fungsi keuangan. Fungsi ini membantu menghitung nilai masa depan suatu investasi.

Sebagai analis keuangan, fungsi FV membantu menghitung nilai masa depan investasi yang dilakukan oleh bisnis, dengan asumsi pembayaran berkala dan konstan dengan tingkat bunga yang tetap (konstan).

Rumus :

=FV(rate; nper; pmt ; [pv]; [type]

Dari 5 argumen tersebut dapat saya jelaskan sebagai berikut :

  • rate : merupakan suku bunga setiap periode, biasanya dinyatakan dalam 1 tahun.
  • nper : Jumlah periode dalam satu investasi atau jangka waktu pengembalian pinjaman.
  • pmt : Pembayaran yang dilakukan setiap periode terdiri dari pokok dan bunga, jika argumen pmt ini dikosongkan maka argumen pv wajib untuk diisi.
  • PV : Nilai sekarang dari pembayaran masa depan. Jika tidak diisi, diasumsikan nol. Harus bernilai negatif.
  • type : posisi pembayaran jatuh tempo, jika diisi dengan 1 maka awal periode sedangkan jika diisi 0 atau dikosongkan maka artunye diakhir periode.


Contoh :

Pada soal Nomor 2 sebelumnya dapat kita hitung dengan bantuan Fungsi FV pada Excel sebagai berikut:

rate  = 19.4%

nper = 10

Pmt  = dikosongkan saja

PV   = -212





Kelebihan dan Kekurangan Future Value

Kelebihan dari nilai masa depan adalah perhitungannya relatif lebih mudah dan simpel dalam mengetahui maupun memperkirakan nilai investasi serta pertumbuhannya di masa mendatang. Akan tetapi, kekurangannya, future value bertumpu pada tingkat imbal hasil atau return yang masih berupa “estimasi”.

Hal ini membuat perhitungan nilai tersebut tidak akan bisa dipastikan secara akurat dan presisi jika hanya mengandalkan perkiraan atau estimasi saja. Agar bisa mendapatkan tingkat imbal hasil yang pasti,kita bisa berinvestasi pada instrumen berupa obligasi atau deposito. yang sudah Pasti, tanpa risiko karena dijamin LPS. Kecuali jika ada force majeure.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayat Jurnal Penyesuaian, Neraca Saldo dan Kertas Kerja - Riki Ardoni

A yat Jurnal Penyesuaian ( Adjusting Journal Entry ) atau ‘AJP’ adalah proses pencatatan perubahan saldo ak...