Minggu, 02 Desember 2018

External Macro Environment Analysis. (Scanning Lingkungan dan Analisisnya serta Analisis lingkungan eksternal) - RIKI ARDONI


 
PENGERTIAN STRATEGIK

Kata strategi berasal dari bahasa Yunani yaitu stratēgos (komandan militer)pada zaman demokrasi Athena. yang diartikan sebagai the art of the general (seni seorang panglima).

Penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan itu (Chandler, 2006)

Suatu tindakan yaitu yang dilakukan untuk mencapai satu atau lebih dari tujuan-tujuannya (Hill dan Jonses, 1998)

Serangkaian yang terpadu dan terkoordinasi atas komitmenkomitmen dan tindakan-tindakan yang didesain untuk mengeksploitasi kompetensi-kompetensi inti dan memperoleh keunggulan kompetitif (Hitt, Ireland, and Hoskisson, 2005:7)

Suatu rencana yang disatukan, menyeluruh dan terpadu yang mengaitkan keunggulan dengan tantangan lingkungan dan yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat (Jauch dan Glueck, 1988: 12).

Menurut Hax dan Majluf (dalam Salusu, 1996) strategi dapat didefinisikan sebagai pola keputusan yang konsisten, menyatu dan integral; menentukan dan menampilkan tujuan organisasi dalam pengertian sasaran jangka panjang, program bertindak, dan prioritas alokasi sumber daya; menyeleksi bidang yang akan dilakukan atau dilaksanakan organisasi; mencoba mendapatkan keuntungan yang mampu bertahan lama, dengan memberikan respon yang tepat terhadap peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal organisasi, dan kekuatan serta kelemahannya; dan melibatkan semua tingkat hierarki dari organisasi.

Definisi strategi secara umum dan khusus sebagai berikut:

1. Definisi Umum
Strategi adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.

2. Definisi khusus
Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompetensi inti (core competencies). Perusahaan perlu mencari kompetensi inti di dalam bisnis yang dilakukan.





ANALISA LINGKUNGAN EKSTERNAL




Lingkungan merupakan sumber yang sangat penting dan bermakna bagi perubahan dan strategi. Banyak perusahaan/organisasi menjadi korban perubahan, sedangkan yang lainnya menggunakan perubahan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

PEST (Political, Economic, social, and Technology) merupakan susunan kekuatan lingkungan yang mempengaruhi aktivitas bisnis (Ali, Hapzi, 2011). Namun rahayu dalam bukunya esensi manajemen strategi menambahkan satu faktor lagi yakni ideologi (Rahayu,2015).


KOMPONEN ANALISIS EKSTERNAL
  1. Scanning : Mengidentifikasi petunjuk awal dari perubahan dan kecenderungan lingkungan
  2. Monitoring : Mendeteksi arti melalui observasi terus menerus atas perubahan dan kecenderungan lingkungan
  3. Forcesting : Mengembangkan proyeksi atas hasil yang diantisipasi berdasarkan perubahan dan kecenderungan yang dimonitor
  4. Assesing : menentukan waktu dan pentingnya perubahan dan kecenderungan lingkungan untuk strategi perusahaan dan manajemen.

JENIS LINGKUNGAN EKSTERNAL

1. Lingkungan Jauh
Mencakup elemen-elemen dalam masyarakat luas yang dapat mempengaruhi suatu industri dan perusahaan-perusahaan didalamnya.
Lingkungan jauh dikenal pula dengan Lingkungan Umum (General Environment), yang terdiri atas:
  1. Demografis (populasi, usia, geografis, pendapatan)
  2. Ekonomi (inflasi, suku bunga, PDB, defisit/surplus, siklus bisnis)
  3. Politik (ideology negara, stabilitas politik, lembaga politik, hubungan internasional, pemilu)
  4. hukum (hukum perpajakan, tenaga kerja)
  5. Sosial Budaya (angkatan kerja, tanggungjawab lingkungan)
  6. Teknologi (inovasi, kemajuan teknologi,e-commerce)

2. Lingkungan Dekat
Lingkungan dekat meliputi struktur dan Industri (Industry Environment).
Struktur Pasar meliputi:
  1. Persaingan Sempurna
  2. Persaingan Tidak sempurna
  3. Pasar Oligopoli
  4. Pasar Monopoli

Analisis lingkungan terdiri dari dua unsur, yaitu analisis eksternal dan analisis internal (analisis organisasi) dengan melaksanakan Analisis SWOT.

Menurut Thompson (2008, 97), analisis SWOT adalah simpel tetapi merupakan alat bantu yang sangat kuat untuk memperbesar kapabilitas serta mengetahui ketidakefisienan sumber daya perusahaan, kesempatan dari pasar dan ancaman eksternal untuk masa depan agar lebih baik lagi.
 
Menurut Fred David (1997, 134), analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang berfungsi untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman suatu perusahaan. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
 
Menurut Wikipedia, analisis SWOT adalah metode perencanaan startegis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
 
Menurut Pearce dan Robinson (2003, 134), analisis SWOT perlu dilakukan karena analisa SWOT untuk mencocokan “fit” antara sumber daya internal dan situasi eksternal perusahaan. Pencocokan yang baik akan memaksimalkan kekuatan dan peluang perusahaan dan meminimumkan kelemahan dan ancamannya. Asumsi sederhana ini mempunyai implikasi yang kuat untuk design strategi yang sukses.
 
Menurut Kurtz (2008, 45), SWOT analisis adalah suatu alat perencanaan strategik yang penting untuk membantu perencana untuk membandingkan kekuatan dan kelemahan internal organisasi dengan kesempatan dan ancaman dari eksternal.
 

 

Strengths (Kekuatan)

Opportunities (Peluang)

Weaknesses (Kelemahan)

Threats (Tantangan)

 

Lingkungan Internal Organisasi

Strengths (Kekuatan)

Weaknesses (Kelemahan)                              

LINGKUNGAN EKSTERNAL ORGANISASI

Opportunities (Peluang)

Threats (Tantangan)

 

                                   

Analisis lingkungan terdiri dari dua unsur, yaitu analisis eksternal dan analisis internal (analisis organisasi) dengan melaksanakan Analisis SWOT. 

 

lingkungan eksternal perusahaan yaitu Opportunities dan Threats. saya  bekerja di Silioam Hospitals Kebun Jeruk. dari yang saya amati, siloam hospitals memiliki peluang dan tantangan dari rumah sakit yang lain yang ada. mulai dari dokter yang mempunyai pendidikan hebat dari singapure,jepang, Amerika, jerman, obat yang bagus, ruang rawat inap seperti hotel bintang lima sampai alat medis yang modern seperti Pada bulan desember 2007, Siloam Hospitals menjadi yang pertama di Indonesia yang memiliki Siemens Dual Source CT Scanner (DSCT) di rumah sakit di Lippo Karawaci dan Kebun Jeruk DSCT dan teknologi CT paling canggih d dunia. tenaga perawatnya juga sangat baik karena rata-rata di ambil dari lulusan Universitas Pelita Harapan (UPH) yang merupakan salah satu Universitas terbaik di Indonesia. ketika pertama kali Mokhtar Riady membangun Rumah Sakit untuk kelas atas di Lippo Karawaci. Mochtar berani menggandeng Gleneagles Hospital yang berbasis di Singapura. ”Dari pada orang-orang kaya kita pergi ke Singapura, kan lebih baik kita bawa saja Gleneagles ke Indonesia.” kata Mochtar ketika Rumah Sakit itu diluncurkan. ini peluang yang dilihat sang pembangun ide bisnis indonesia. idenya bagaimana menarik uang konglomerat indonesia agar mereka tidak lari berobat keluar negeri. maka mokhtar riady mulai mengambil peluang terdepan dengan menciptakan rumah sakit standar kelas internasional yang bak hotel bintang lima. bangunan atau konsep rumah sakit yang di dalamnya dipadukan dengan minimarket, kafe kopi Maxkoffe, restoran, sofenir bagi yang sakit, toko buku dan ruang rehabilitasi medik. 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayat Jurnal Penyesuaian, Neraca Saldo dan Kertas Kerja - Riki Ardoni

A yat Jurnal Penyesuaian ( Adjusting Journal Entry ) atau ‘AJP’ adalah proses pencatatan perubahan saldo ak...